Minggu, 13 Mei 2012

Perkembangan Fashion

Ngomong - ngomong tentang fashion, jadi apakah kita tahu asal mula fashion? Tentunya diantara kita banyak sekali yang peduli terhadap fashion, namun tidak begitu tahu bagaimana perkembangannya. Setelah membaca dari berbagai sumber tentang fashion, so here..

Fashion dimulai tahun 1920. Pada dekade inilah awal dunia fashion. Tahun ini merupakan awal kebangkitan kaum wanita mencapai kebebasan dan kemerdekaannya. di dekade sebelumnya, pakaian ala cinderella dengan rok super megar dengan pinggang super ketat, sangat menyiksa perempuan, karena itulah pada tahun '20an baju tersebut ditinggalkan.
Tahun 1920 merupakan abad baru ketika dunia fashion terlahir kembali dengan pandangan yang berbeda. Inovasi terbaru muncul dari fashion designer dunia, seperti Coco Chanel yang menghadirkan potongan, warna, serta gaya yang mementingkan karakter seorang wanita. Coco Chanel mulai terkenal dengan penemuan korset yang digantikannya dengan sebuah dress multifungsi. Coco channel memperkenalkan cardigan jacketnya pada tahun 1925 dengan nama "little black dress" yang sangat terkenal hingga saat ini. Selain busana, Chanel juga meluncurkan produk perhiasan, parfume Channel no.5, dan tas-nyaFashion itemnya mempunyai kekuatan yang cukup kuat dan tidak berubah dari tahun ke tahun bahkan generasi ke generasi. Dari sinilah dunia fashion mulai berkibar.
Dunia fashion pun punya pengaruh hebat, terutama di dunia perfilman. Di awal tahun '50an hingga '60an, beberapa bintang film menjadi panutan di dunia fashion bahkan menjadi icon. Dan di era ini, desainer dunia banyak melakukan inovasi. Dari London, Mary Quant dengan rok mininya dan Barbara Hulanicki dengan gaya steet wear remaja London. dari Amerika ada James Galanos dengan baju fitted dan Rudi Genreich dengan baju - baju unisex. Di Paris dikenal Yves Saint Laurent dengan gaya tailoring untuk para wanita, Pierre Cardin dengan baju space-nya dan Emmanuel Ungaro dengan fashion couture-nya. Dengan berkembangnya zaman membuat dunia fashion juga terus berkembang. Dan tidak menutup kemungkinan model fashion terdahulu mulai kembali dikenakan pada masa sekarang.
Di Indonesia, pada masa memasuki era 60-70an, akhir tahun 1960-an terasa sekali pengaruh barat yang membanjir. Di saat itulah industri fashion mulai tumbuh. Para pemuda mulai memakai sesuatu yang berbau barat. Tren saat itu adalah celana dengan potongan bootcut yang hampir dipakai oleh setiap anak muda. Sedangkan tahun '80an, tren baju wanita dengan bahu tinggi, rambut keriting mengembang, dan lagi tren seperti itu dianut oleh setiap wanita muda pada masanya. Di tahun '90an, tren baju kerja maskulin dengan blazer hitam kaku, celana hitam, hem putih, dan tentunya sepatu hitam mengkilat.
Namun pada tahun 2000-an, sekarang tren lebih mentolerir pada selera pribadi. setiap orang bebas mengapresiasi dirinya sesuka hati. Tidak perlu mengikuti tren yang populer hanya untuk menjadi Fashionista. Fashion pada rambut pun sekarang tidak seseragam dulu. Saat ini semua orang memilih penataan model lurus, keriting, ikal, dengan berbagai warna sesuai keinginan masing - masing individu.


"Fashion is not something that exists in dresses only. Fashion is in the sky, in the street, fashion has to do with ideas, the way we live, what is happening".   - Coco Chanel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar